<div style='background-color: none transparent;'></div>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home » » Tahap-Tahap dan Tugas Keluarga

Tahap-Tahap dan Tugas Keluarga


Menurut Mubarak, Wahit Iqbal, dkk (2009) bentuk dan tipe keluarga yaitu:
1.      Traditional Nuclear
Traditional nuclear adalah keluarga inti yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak yang tinggal dalam satu rumah ditetapkan oleh sanksi-sanksi legal dalam satu ikatan perkawinan, satu/keduanya dapat bekerja diluar rumah.
2.      Extended Family
Extended family adalah keluarga inti yang ditambah dengan sanak saudara, misalnya nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi, dan sebagainya.
3.      Reconstituted Nuclear
Reconstituted nuclear adalah pembentukan baru dari keluarga inti melalui perkawinan kembali suami/istri, tinggal dalam pembentukan satu rumah dengan anak-anaknya, baik itu bawaan dari perkawinan lama maupun hasil dari perkawinan baru. Satu atau keduanya dapat bekerja diluar rumah.
4.      Middle Age/Aging Couple
Middle age/aging couple adalah suami sebagai pencari uang, istri dirumah/keduanya bekerja dirumah, anak-anak yang sudah meninggalkan rumah karena sekolah/perkawinan/meniti karier.
5.      Dyadic Nuclear
Dyadic nuclear adalah suami istri yang sudah berumur dan tidak mempunyai anak, keduanya/salah satu bekerja diluar rumah.
6.      Singgle Parent
Singgle parent adalah satu orang tua sebagai akibat perceraian/kematian pasangannya dan anak-anaknya dapat tinggal dirumah/diluar rumah.
7.      Dual Carrier
Dual carrier adalah suami istri atau keduanya berkarier dan tanpa anak.
8.      Commuter Married
Commuter married adalah suami istri/keduanya orang karier dan tinggal terpisah pada jarak tertentu, keduanya saling mencari pada waktu-waktu tertentu.
9.      Singgle Adult
Single adult adalah wanita atau pria yang tinggal sendiri dengan tidak adanya kenginan untuk menikah.
10.  Three Generation
Three generation adalah tiga generasi atau lebih yang tinggal dalam satu rumah.
11.  Institutinal
Institutinal adalah anak-anak atau orang-orang dewasa yang tinggal dalam suatu panti-panti.

12.  Comunal
Comunal adalah satu rumah terdiri atas dua/lebih pasangan yang monogami dengan anak-anaknya dan bersama-sama dalam penyediaan fasilitas.
13.  Group Marriage
Group marriage adalah satu perumahan terdiri atas orang tua dan keturunannya didalam satu kesatuan keluarga dan tiap individu adalah menikah dengan orang lain dan semua adalah orang tua dari anak-anak.
14.  Unmaried Parent and Child
Unmaried parent and child adalah ibu dan anak dimana perkawinan tidak dikehendaki, anaknya diadopsi.
15.  Cohibing Couple
Cohibing couple adalah dua orang/satu pasangan yang tinggal bersama tanpa pernikahan.



Menurut Effendy, Nasrul (1998) beberapa tugas keluarga antara lain: 1.Pemeliharaan fisik keluarga dan para anggotanya, 2.Pemeliharaan sumber daya yang ada dalam keluarga, 3.Pembagian tugas masing-masing anggotanya sesuai kedudukannya, 4.Sosialisasi antara anggota keluarga, 5.Pengaturan jumlah anggota keluarga, 6.Pemeliharaan ketertiban anggota keluarga, 7.Penempatan anggota-anggota keluarga dalam masyarakat yang lebih luas, 8.Membangkitkan dorongan dan semangat para anggota keluarga.
Menurut Friedmen, Marilyn M (1998), tugas keluarga antara lain:
1.      Mengenal gangguan perkembangan kesehatan setiap anggotanya dalam hal ini adalah mendeteksi dini tanda dan gejala gangguan jiwa dan upaya sederhana untuk mengatasinya.
2.      Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat, yang dimanifestasikan dalam memeriksakan anggota keluarganya kerumah sakit/puskesmas.
3.      Memberi perawatan kepada anggota keluarganya yang sakit dan tidak dapat membantu dirinya sendiri karena cacat atau usia yang terlalu mudah.
Share this article :

:D :( :) :-o :-q :p ;) :)) =)) :(( :-t b-( :x

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan meninggalkan komentar agar saya bisa feedback ke blog agan. :D

 
Copyright © 2011. Frenshilgo . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger