STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESSI 1
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan seumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu menyebutkan jati diri: nama lengkap, nama panggilan, asal, hoby.
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulasi
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Membuat kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengerti kegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah berikutnya:
tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis dipindahkan
dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis menyebutkan salam, nama, nama panggilan, dan hoby
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis menyebutkan salam, nama, nama panggilan, dan hoby.
|
|
|
|
|
3.
|
Tulis nama panggilan pada kertas dan
pakaikan
|
|
|
|
|
4.
|
Ulang langka ke 3 sampai semua
mendapatkan giliran
|
|
|
|
|
5.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien selesai menceritakan perasaannya.
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien melatih
berkenalan dengan orang lain
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESSI II
PENGETIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu menyebutkan jati diri sendiri: nama lengkap, nama panggilan, asal, hoby.
Klien mampu menyebutkan jati diri kelompok lain: nama lengkap, nama panggilan,
asal, hoby.
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunitas verbal yang telah berespon sesuai stimulus.
PERSIAPAN ALAT
a. Tipe
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Membuat kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik dan
masing-masing memasang name tag.
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini dan
menanyakan apakah sufah mencoba memperkenalkan diri
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengerti kegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
memperkenalkan diri dengan anggota lain
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah
berikutnya: tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis
dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta
yang sedang memegang bola tennis menyebutkan salam, nama, nama panggilan, dan
hoby
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis menyebutkan salam, nama, nama panggilan, dan hoby
anggota kelompok yang ada disebelah kanannya.
|
|
|
|
|
3.
|
Ulang langka ke 2 sampai semua
mendapatkan giliran
|
|
|
|
|
4.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien selesai
|
|
|
|
|
5.
|
Terapis menyalakan tipe recorder dan
menghentikan kembali. Saat music di hentikan peserta yang sedang memegang
bola tennis dimohon memperkenalkan anggota kelompok yang berada disebelah
kanannya kepada semua kelompok
|
|
|
|
|
6.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
peserta selesai
|
|
|
|
|
|
Score = 12
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien melatih
berkenalan dengan orang lain
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESI
III
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien mampu mengajukan pertanyaan tentang kehidupan
pribadi kepada satu orang kelompok.
Menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi.
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulasi
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik dan
masing-masing memakai name tag
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini dan
menanyakan apakah sudah mencoba berkenalan
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengerti kegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah
berikutnya: tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis
dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta
yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk bertanya tentang
kehidupan pribadi anggota kelompok yang ada disebelah kanannya dengan cara:
memberikan salam, memanggil nama panggilannya, menanyakan kehidupan pribadi
misalnya orang terdekat siapa?
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis mendapat giliran untuk bertannya tentang kehidupan
pribadi anggota kelompok yang ada di sebelah kanannya dengan cara: member
sala, memanggil nama panggilannya, menanyakan kehidupan pribadi
|
|
|
|
|
3.
|
Ulangi langkah no. 2 sampai semua
peserta mendapat giliran
|
|
|
|
|
4.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien selesai menceritakan perasaannya.
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien melatih
berkenalan dengan orang lain
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESI IV
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu menyampaikan dan membicarakan topic tertentu
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
f. White
board
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik dan
masing-masing memakai name tag
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini dan
apakah sudah latihan bercakap-cakap dengan orang lain.
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengertikegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah
berikutnya: tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis
dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta
yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk menyampaikan suatu
topic yang ingin dibicarakan misalnya cara mencari teman, setelah semua
mendapat giliran. Tape akan dihidupkan lagi dan edarkan bolanya. Saat music
dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk
memilih topic yang disukai dan setelah masalah ditentukan.
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis menyampaikan suatu topic yang ingin dibicarakan.
|
|
|
|
|
3.
|
Tulis topic pada white board. Topic
yang disampaikan secara berurutan
|
|
|
|
|
4.
|
Ulang langka no 2 dan 3 sampai semua
mendapatkan giliran
|
|
|
|
|
5.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola.
Saat music dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan
giliran untuk memilih topic yang disukai
|
|
|
|
|
6.
|
Ulangi no. 5 sampai semua mendapat
giliran
|
|
|
|
|
7.
|
Terapis membantu menentukan topic yang
paling banyak
|
|
|
|
|
8.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola.
Saat music dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan
giliran untuk member pendapat tentang topic yang telah ditentukan
|
|
|
|
|
9.
|
Ulangi no.8 sampai semua mendapat
giliran
|
|
|
|
|
10.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien selesai menceritakan perasaannya
|
|
|
|
|
|
Score = 16
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien
bercakap-cakap tentang topic tertentu
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESI V
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi dengan orang lain
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
f. White
board
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini.
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengertikegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah
berikutnya: tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis
dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta
yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk menyampaikan suatu
topic yang ingin dibicarakan misalnya cara mencari teman, setelah semua
mendapat giliran. Tape akan dihidupkan lagi dan edarkan bolanya. Saat music
dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk
memilih masalah yang dibicarakan dan setelah masalah ditentukan memberikan
pendapat.
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis menyampaikan suatu topic yang ingin dibicarakan.
|
|
|
|
|
3.
|
Tulis topic pada white board. Topic
yang disampaikan secara berurutan
|
|
|
|
|
4.
|
Ulang langka no 2 dan 3 sampai semua
mendapatkan giliran
|
|
|
|
|
5.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola.
Saat music dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan
giliran untuk memilih topic yang dibicarakan
|
|
|
|
|
6.
|
Ulangi no. 5 sampai semua mendapat
giliran
|
|
|
|
|
7.
|
Terapis membantu menentukan topic yang
paling banyak
|
|
|
|
|
8.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola.
Saat music dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan
giliran untuk member pendapat tentang topic yang telah ditentukan
|
|
|
|
|
9.
|
Ulangi no.8 sampai semua mendapat
giliran
|
|
|
|
|
10.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien selesai menceritakan perasaannya
|
|
|
|
|
|
Score = 16
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien
bercakap-cakap tentang masalah pribadi
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESI VI
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu bekerjasama dalam permainan sosialisaasi kelompok
a. Bertanya
dan meminta sesuai dengan kebutuhan pada orang lain
b. Menjawab
dan memberi pada orang lain
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
f. Kartu
kwartet
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik,
masing-masing memakai name tag
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini dan
apakah telah bercakap-cakap tentang masalah pribadi.
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengertikegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis membagi 4 buah kartu kwartet
pada setiap anggota sisanya diletakkan diatas meja
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis meminta tiap anggota menyusun
kartu sesuai serinya
|
|
|
|
|
3.
|
Terapis menyalakan tape dan
mengedarkan bola lalu menghentikan. Saat music dihentikan peserta yang sedang
memegang bola tennis memulai permainan dengan cara:
a. Meminta
kartu yang dibutuhkan kepada anggota kelompok disebelah kanannya.
b. Jika
kartu yang dipegangnya telah lengkap maka diumumkan pada kelompok dengan
membaca judul dan subjudul
c. Jika
kartu yang dipegang tidak lengkap maka diperkenankan mengambil kartu yang
berada diatas meja.
d. Jika
anggota kelompok memberikan kartu yang dipegang pada yang meminta ia berhak mengambil
satu kartu yang berada diatas meja.
e. Setiap
menerima kartu diminta mengucapakan terima kasih.
|
|
|
|
|
4.
|
Ulang langka no 2 dan 3 jika 3 b, 3 c
terjadi
|
|
|
|
|
5.
|
Terapis memberikan pujian untuk tiap
kali keberhasilan klien
|
|
|
|
|
|
Score = 12
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menganjurkan agar pasien berlatih
bekerjasama
|
|
|
|
|
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK
berikutnya
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK: SOSIALISASI SESI VII
PENGERTIAN
Terapi
yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan
sosial.
TUJUAN
Klien
mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang telah
dilakukan.
INDIKASI
a. Klien
menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
b. Klien
kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
PERSIAPAN ALAT
a. Tape
recorder
b. Kaset
mari kemari
c. Bola
tennis
d. Buku
catatan dan bolpoint
e. Jadwal
kegiatan klien
PROSEDUR
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang
sesuai indikasi
|
|
|
|
|
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta
duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
|
|
|
|
|
|
Score = 4
|
|
|
|
|
NA
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
B.
|
ORIENTASI
|
|
|
|
|
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik dan
memakai name tag
|
|
|
|
|
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini
apakah telah latihan bekerjasama.
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menjelaskan aturan main:
- Klien
harus mengertikegiatan dari awal sampai akhir
- Bila
ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama
kegiatan 45 menit
- Masing-masing
menyebutkan jati diri
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
NB
|
Nilai: Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
C.
|
KERJA
|
|
|
|
|
1.
|
Terapis menjelaskan langkah
berikutnya: tape recorder akan dinyalakan saat music terdengar bola tennis
dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat music dihentikan peserta
yang sedang memegang bola tennis menyebutkan manfaat 6 kali TAKS.
|
|
|
|
|
2.
|
Terapis menyalakan tape dan menghentikan.
Saat music dihentikan peserta yang sedang memegang bola tenis menyebutkan
manfaat 6 kali pertemuan TAKS
|
|
|
|
|
3.
|
Ulang langka no 2 sampai semua
mendapatkan giliran
|
|
|
|
|
4.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali
pasien berhasil
|
|
|
|
|
|
Score = 12
|
|
|
|
|
NC
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
|
NO
|
BUTURAN YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
|
2
|
1
|
0
|
||
|
D.
|
TERMINASI
|
|
|
|
|
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah
mengikuti TAK
|
|
|
|
|
2.
|
Memberikan pujian atas pencapaian
kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menyimpulkan 6 kemampuan pada 6 kali
pertemuan yang lalu
|
|
|
|
|
4.
|
Menganjurkan agar pasien melatih diri
untuk 6 kemampuan yang telah dimiliki
|
|
|
|
|
5.
|
Penkes keluarga agar memberi dukungan
pada klien
|
|
|
|
|
6.
|
Membuat kontrak kembali untuk evaluasi
kemampuan secara periodic
|
|
|
|
|
|
Score = 8
|
|
|
|
|
ND
|
Nilai = Jumlah Score
|
|
|
|
A.
LATAR
BELAKANG
Berdasarkan hasil pengkajian kepada klien Rumah
sakit Jiwa Prof. Dr. Soeroyo Magelang diketahui bahwa para klien berasal dari
berbagai latar belakang yang berada dengan kepribadian yang berbeda pula.
Keadaan seperti ini berpotensi untuk menimbulkan konflik antara individu di
dalam bangsal.
Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan yang
dapat menumbuhkan kerjasama dan kerukunan antara klien. Dengan demikian
diharapkan suasana kehidupan dibangsal menjadi lebih kooperatif dan dapat
memberikan ketenangan bagi klien.
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah TAKS
yeng melibatkan seluruh peserta dalam bentuk merangkai potongan sedotan menjadi
seuntai kalung.
B.
TUJUAN
Tujuan
Umum
Setelah
dilakukan TAK selama 60 menit diharapkan dapat terjalin kerjasama diantara
peserta
Tujuan
Khusus
-
Berorientasi antar
peserta
-
Koordinasi tugas antara
peserta
-
Mengendalikan emosi
masing-masing peserta
C.
METODE
PENELITIAN
Permainan
Jenis
merangkai potongan sedotan menjadi seuntai kalung
D.
DASAR
DAN TARGET
Sasaran : Klien dengan masalah menarik diri
dibangsal P3 RSJ Magelang
Target : 7 klien
E.
STRATEGI
PELAKSANAAN
Hari/Tgl :
Tempat :
Jam :
F.
MEDIA
Media : - Sedotan
- Tali
G.
SETTING
TEMPAT
H.
PENGORGANISASIAN
DAN URAIAN TUGAS
|
Waktu
|
Tahap
|
Kegiatan
|
|
|
Pembukaan
|
- Mengucapkan
salam
- Kontak
ulang
- Menjelaskan
tujuan pertemuan menyiapkan peserta, lingkungan, peralatan
|
|
|
Implementasi
|
- Memberikan
penjelasan pada klien mengenai aturan permainan
- Mendemonstrasikan
cara permainan
- Memulai
permainan
- Kesan
dan pesan
- Salam
penutup
|
|
|
Terminasi
|
-
|
I.
KRITERIA
EVALUASI
Evaluasi
struktur
1. Menyiapkan
preplanning
2. Kontrak
waktu dengan klien
3. Menyiapkan
alat dan tempat
4. Mempersiapkan
klien sesuai criteria
Evaluasi
proses
1. Klien
menerima kedatangan perawat
2. Klien
kooperatif dan berperan serta selama TAKS
Evaluasi
hasil
1. Klien
dapat bersosialisai
2. Klien
dapat mengkoordinasikan tugas-tugas
3. Klien
dapat mengendalikan emosi
J.
EVALUASI
1. Sebutkan
dan jelaskan jenis TAK
2. Apa
tujuan dilakukan TAKS
3. Dalam
pelaksanaan TAKS tugas leader adalah
4. Berapa
jumlah anggota kelompok yang ideal dalam pelaksanaan TAKS


Post a Comment
Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan meninggalkan komentar agar saya bisa feedback ke blog agan. :D