<div style='background-color: none transparent;'></div>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home » » Skala Data

Skala Data

Skala nominal

Merupakan posisi terendah atau hasil ukur yang paling kasar. Skala ini terdiri dari kategori-kategori ukuran dan masing-masing kategori hanya bersifat membedakan antara satu dengan lainnya dan bukan merupakan tingkatan. Kategori yang satu tidak lebih atau kurang dari lainnya, melainkan setara. Skala nominal data berupa dua kategori (dicotomus) atau banyak kategori (multicotomus). Contoh skala nominal dikotomi : waktu (siang-malam), jenis kelamin (laki-laki dan peerempuan), kutub (utara-selatan); nominal multikotomi: nama hari, bulan, planet, nama desa, dan sebagainya.

Skala ordinal

Merupakan hasil ukur berupa kategori namun memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari nominal. Kategori dalam skala ordinal tidak hanya untuk membedakan satu dengan lainnya, tetapi juga memiliki tingkatan (tinggi – rendah) walaupun belum jelas jarak (selisih) tingkatannya. Contohnya: kategori pengetahuan (baik, sedang, kurang), jarak (jauh, sedang, dekat), tekanan darah (tinggi, normal, rendah), dan sebagainya.

Skala interval

Merupakan hasil ukur yang cermat. Ukurannya tidak lagi berupa kategori, melainkan nilai angka yang sebenarnya. Antara nilai angka yang satu dengan lainnya jaraknya jelas, tetapi tidak memiliki nilai nol mutlak, tidak dapat dikenai operasi matematis (pembagian, pengurangan, perkalian, dan penejumlahan). Contohnya: tekanan darah, skor pengetahuan, suhu badan, indeks prestasi, dan sebagainya.

Skala rasio
Merupakan ukuran yang cermat. Secara umum, skala rasio sama dengan interval, namun memiliki nilai nol mutlak dan dapat dikenai operasi matematis. Contohnya: tinggi badan, berat badan, jarak rumah, penghasilan, kepadatan lalat, dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

Bastaman Basuki. 2000. Aplikasi Metode Kasus Kontrol. Jakarta: Bagian IKM FKUI.
Bambang Sutrisna. 1986. Pengantar Metoda Epidemiologi. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Eko Budiarto. 1987. Penuntun Epidemiologi. Bandung: Alumni.
Iwan Ariawan. 2000. Analisis Data Kategorik. Jakarta: FK UI
Share this article :

:D :( :) :-o :-q :p ;) :)) =)) :(( :-t b-( :x

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan meninggalkan komentar agar saya bisa feedback ke blog agan. :D

 
Copyright © 2011. Frenshilgo . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger